Tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep organisasi, khususnya perusahaan yang memiliki tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan. CSR berhubungan erat dengan pembangunan berkelanjutan. Dimana ada argumentasi bahwa suatu perusahaan dalam melakukan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan. Misalnya keuntungan atau deviden melainkan juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang.
Tanggung jawab sosial perusahaan atau yang disebut dengan CSR (Corporate Social Responsibility) kini menjadi frase yang sangat populer untuk diterapkan dalam perusahaan di berbagai belahan dunia. Menguat terpaan prinsip goo corporate governance seperti fairness, transparency, accountability dan responsibility telah mendorong CSR semakin menyentuh jantung hati dunia bisnis.
CSR memandang perusahaan sebagai agen moral. Dengan atau tanpa aturan hukum, sebuah perusahaan harus menjunjung tinggi moralitas. Parameter keberhasilan suatu perusahaan dalam sudut pandang CSR adalah pengedepankan prinsip moral dan etis, yakni menggapai suatu hasil terbaik, tanpa merugikan kelompok masyarakat lainnya. Salah satu prinsip moral yang sering digunakan adalah goldenrules, yang mengajarkan agar seseorang atau suatu pihak memperlakukan orang lain sama seperti apa yang mereka ingin diperlakukan. Dengan begitu, perusahaan yang bekerja dengan mengedepankan prinsip moral dan etis akan memberikan manfaat terbesar bagi masyarakat.
Perusahaan Grup Robobank merupakan bank dibagian pangan dan agribisnis dan bank UKM yang berfokus pada nasabah. Robobank Indonesia tidak hanya merumuskan dalam program ataupun kegiatan. Robobank ingin membawa CSR masuk ke dalam inti bisnis dan jantung dari operasional. Ini berarti Rabobank Indonesia akan memastikan penggunaan yang bijak atas sumber daya yang langka, menerapkan kebijakan pembelian yang tegas, dan mengembangkan kriteria dalam menentukan nasabah dan calon nasabah potensial terkait aktivitas-aktivitas komersial yang dilakukan. Sejumlah aturan telah dibuat oleh Grup Rabobank untuk memastikan bahwa kegiatan komersial tidak bertolak belakang dengan kepentingan besar yang dimiliki oleh komunitas dimana kami beroperasi.
Rabobank Indonesia memiliki dua program tanggung jawab sosial perusahaan. Pertama, adalah tanggung jawab sosial perusahaan yang diinisiasi secara lokal yang merupakan bagian dari komitmen kami untuk memberikan kontribusi bagi komunitas. Kedua, adalah Rabobank Foundation, sebuah aksi global untuk meningkatkan kualitas hidup dari kumpulan orang-orang yang kurang beruntung dan tidak mampu di dalam masyarakat. Aktivitas-aktivitas Rabobank Foundation di negara-negara berkembang termasuk memberikan dukungan pada organisasi pembiayaan mikro dan koperasi petani.
CSR Lokal
Melalui inisiatif-inisiatif lokal, Rabobank Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan komunitas dengan fokus pada:
1. Pendidikan
Sebagai bank terkemuka di sektor F & A, memberikan beasiswa bagi mahasiswa pertanian menjelaskan dengan tegas komitmen Rabobank dalam memberikan kontribusi bagi pengembangan sektor pertanian di Indonesia. Salah satu kontribusinya adalah melalui pengembangan kualitas sumber daya manusia. Investasi pada pendidikan pangan dan agribisnis merupakan hal yang penting bagi perkembangan sektor tersebut, oleh karenanya kami mengalokasikan 40% dari anggaran CSR kami pada area utama ini. Pada bulan Juli 2009, Rabobank Indonesia membuka program “Rabobank Undergraduate Scholarship” yang meliputi uang sekolah, tunjangan biaya hidup, buku, dan biaya penelitian skripsi selama delapan semester masa perkuliahan. Untuk periode 2009/2010, bantuan keuangan ini diberikan kepada sejumlah mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB). Rabobank Indonesia akan melanjutkan program ini ditahun-tahun mendatang dengan kemungkinan memperbesar program melalui penambahan jumlah beasiswa yang diberikan agar dapat memberikan lebih banyak kesempatan bagi mahasiswa-mahasiswa pertanian untuk menyelesaikan pendidikan tinggi mereka. Di tahun yang sama setelah itu, Rabobank Indonesia membuka program Rabobank Postgraduate Scholarship untuk para pengusaha di sektor pangan dan agribisnis guna mendukung pengembangan para pengusaha serta mendorong potensi yang dimiliki sektor ini. Selain program beasiswa, Rabobank Indonesia juga mengambil peran proaktif dalam mendukung inisiatif Bank Indonesia dalam mengedukasi masyarakat. Beberapa contoh aktivitas yang telah dilakukan di tahun 2009 adalah edukasi masyarakat di dua universitas terkemuka: Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Sumatera Utara (USU). Program ini memiliki tema utama “edukasi kartu” dan ditujukan untuk mengedukasi mahasiswa sebagai agen perubahan atas penggunaan kartu pembayaran dan kartu kredit dengan bijak. Di tahun 2010, kami telah memasukkan ke dalam rencana kerja kami serial edukasi masyarakat lainnya di sekolah-sekolah mencakup tema tambahan yang relevan yaitu “Cinta Lingkungan”.
2. Kepedulian pada Komunitas
2.1 Donor darah
Pada tahun 2009, Rabobank Indonesia mengadakan donor darah secara simultan di empat kota dimana kantor wilayah kami berada: Jakarta, Lampung, Semarang, dan Surabaya. Karyawan, nasabah, dan khalayak ramai diundang untuk berpartisipasi dan kami mendapatkan 700 partisipan pada acara tersebut.
2.2 Donasi untuk komunitas
Bencana gempa yang mengguncang Padang pada 30 September 2009 juga menjadi salah satu perhatian kami dan membawa kesedihan bagi kami. Sama halnya dengan perusahaan-perusahaan dan institusi lainnya di Indonesia , Rabobank Indonesia menggalang dana dari karyawan dan nasabah untuk membantu daerahdaerah yang terkena bencana.
Minggu, 21 November 2010
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR)
Diposting oleh crazytaz di 00.16
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar