Pengikut

Jumat, 01 Januari 2010

Segmentasi pasar

definisi dari segmentasi pasar itu apa??

segmentasi pasar itu dapat didefinisikan sebagai proses membagi pasar menjadi irisan-irisan konsumen yang khas yang mempunyai kebutuhan atau sifst yang sama. secara umum, tujuan dari segmentasi pasar itu adalah untuk memperoleh bagian pasar yang mempunyai karakter dan perilaku yang lebih seragam.

dalam melakukan bisnis konsumen harus memiliki strategi pasar. strategi segmentasi memungkinkan prousen menghindari persaingan langsung di pasar dengan membedakan penawaran mereka, tidak berdasarkan harga, tetapi juga berdasarkan corak, kemasan, daya tarik promosi, cara distribusi, dan pelayanan yang unggul.

dasar untuk segmentasi
menyusun strategi segmentasi adalah memilih dasar yang paling tepat untuk membagi pasar. sembilan kategori utama kategori utama karakteristik konsumen menjadi dasar yang paling populer untuk melakukan segmentasi. termasuk didalamnya terdapat faktor :
- Segmentasi Geogarfis
segmentasi geografis terdiri dari : daerah, ukuran kota, kepadatan daerah, iklim
- Segemantasi Demografis
yang terdiri dari : usia, gender (jenis kelamin), status perkawinan,penghasilan,pekerjaan, dan pendidikan.
- Segmentasi Psikologi
karakteristik psikologi yang mengarah ke sifat-sifat diri konsumen perorangan seperti kepribaian, sikap, motivasi dari konsumen itu sendiri.
- segmentasi Psikografis
segmentasi psikografis lebih mengarah kepada gaya hidup seseorang.
- Segmentasi Sosial Budaya
segmentasi sosial budaya yang berkaitan dengan budaya, agama, sub budaya(Ras/etnis) kelas sosial, siklus hidup budaya.
- Segmentasi Terkait Pemakaian
bentuk segmentasi ini sangat populer dalam tingkat pemakaian, keadaan kesadaran, kesetiaan pada merk.
- Segmentasi Situasi Pemakaian
para pemasar mengakui bahwa kesempatan atau situasi sering menentukan apa yang akan dibeli atau dikonsumsi para konsumen. para pemasar harus mengetahui waktu, tujuan, lokasi, orang atau konsumennya.
- Segmentasi Manfaat
dalam segmentasi manfaat ini para eksekutif pemasaran dan periklanan terus menerus berusaha mengenali salah satu manfaat terpenting produk dan jasa mereka yang akan sangat berarti bagi konsumen, seperti kenyamanan , penerimaan masyarakat, tahan lama, hemat, nilai untuk jumlah uang tertentu.
- Segmentasi Gabungan
segmentasi gabungan yaitu kombinasi profil demografis dan psikografis dari berbagai profil segmen konsumen lainnya.

0 komentar: