Pengikut

Jumat, 01 Januari 2010

Kepribadian dan Perilaku Konsumen

Kaitan Antara Kepribadian dalam Berbagai Aspek Perilaku Konsumen

Dalam studi mengenai kepribadian telah dilakukan oleh para pakar teori dengan berbagai macam cara. Beberapa di antaranya menekankan pengaruh ganda keturunan dan pengalaman masa kanak-kanak terhadap perkembangan kepribadian.

penekanan dalam definisi ini adalah pada sifat-sifat dalam diri atau kejiwaan yaitu kualitas, sifat, pembawaan, kemampuan mempengaruhi orang, dan perangai khusus yang membedakan suatu individu dari individu lainnya.

Sifat-Sifat Kepribadian
dalam studi kepribadian terdapat 3 hal yang berbeda dan sangat penting :
1. Kepribadian Mencerminkan Perbedaan Individu
karena karakteristik dalam diri yang menbentuk kepribadian individu merupakan kombinasi unik dari berbagai faktor, tidak ada dua individu yang betul-betul sama.
2. Kepribadian Bersifat Konsisten Dan Bertahan Lama
kepribadian individu cenderung konsisten dan bertahan lama. Kedua sifat ini sangat penting jika para pemasar harus menjelaskan atau meramalkan perilaku konsumen berdasarkan kepribadian.
3. Kepribadian Dapat Berubah
dalam kepribadian seseorang dapat mengalami perubahan pada keadaan tertentu seperti contohnya kelahiran anak atau kematian seseorang.

Kepribadian Dan Memahami Perbedaan Konsumen

para pemasar sangatb tertarik untuk memahami bagaimana kepribadian mempengaruhi perilaku konsumen karena pengetahuan tersebut memungkinkan mereka mampu memahami konsumen dengan lebih baik. beberapa sifat kepribadian khusus yang memberikan wawasan mengenai perilaku konsumen berikut ini.

Keinovatifan Konsumen Dan Sifat Kepribadian yang Berkaitan
sifat-sifat kepribadian berguna untuk membedakan antara inovator konsumen dan bukan inovator meliputi sifat konsumen yang berupa keinovatifan, dogmatisme, karakter sosial, tingkat stimulasi optimum, dan sifat mencari variasi kesenangan baru.

0 komentar: