Pengikut

Minggu, 03 Januari 2010

Kebudayaan Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Faktor utama yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah kebudayaan. Kebudayaan mempunyai pengaruh yang sangat luas dan sangat mendalam terhadap perilaku konsumen. Kebudayaan adalah faktor yang menentukan keinginan dan perilaku seseorang yang paling mendasar. Seperti seorang anak yang telah dibesarkan dalam sebuah masyarakat akan mempelajari nilai dasar, preferensi, persepsi, dan perilaku melalui proses social yang akan melibatkan keluarga atau lembaga penting lainnya. Karena itu, seorang anak yang dibesarkan dalam kebudayaan tertentu akan mempunyai nilai-nilai kebudayaan tertentu pula.

Setiap konsumen juga harus memahami kebudayaan atau cultural yaitu kemampuan untuk mengerti dan memahami secara penuh berbagai nuansa dari perbedaaan pola kebudayaan. Pemahaman atas waktu, sikap dan peranan dalam masyarakat merupakan aspek yang sangat berbeda dari kultur dengan yang lain memerlukan pemahaman yang lebih dari kenyataan cultural yang ada.

0 komentar: