Pengikut

Selasa, 04 Januari 2011

Etika bisnis pada pasar persaingan sempurna

Pada dasarnya pasar persaingan sempurna adalah dimana terdapat banyak penjual dan pembeli sehingga tidak ada satupun dari mereka dapat mempengaruhi suatu harga yang berlaku, setiap produsen dan konsumen mempunyai kebebasan untuk keluar masuk pasar.

Ciri-ciri dari pasar persaingan sempurna yaitu :
- banyak  penjual dan pembeli
- produk-produk homogen
- konsumen mengetahui kondisi pasar
- faktor-faktor produksi bergerak bebas
- tidak adanya campur tangan dari pemerintaan
- posisi tawar menawar konsumen kuat
- sulit memperoleh keuntungan diatas rata-rata
- sensitive  terhadap perubahan harga
- mudah untuk keluar masuk pasar.

  Penentuan Keseimbangan dan Laba Perusahaan
 Ø Penentuan keseimbangan pasar persaingan sempurna akan terjadi apabila penerimaan marjinal (Marginal Revenue / MR) adalah sama dengan biaya marjinal (Maginal Cost / MC).
 Ø Perusahaan akan mendapatkan laba lebih (excess profit) apabila kurva permintaan semakin tinggi dari titik minimum biaya total rata-rata (Average Total Cost / ATC).
Di dalam pasar persaingan sempurna memiliki kebaikan dan keburukan, yaitu :
Kebaikan dari pasar persaingan sempurna,
- persaingan sempurna memaksimukan efisiensi
- kebebasan dalam bertindak dan memilih
Keburukan dalam pasar persaingan sempurna,
- pasar persaingan sempurna tidak menimbulkan inovasi
- persaingan sempurna dapat menimbulkan biaya social
- membatasi pilihan konsumen
- Biaya dalam pasar persaingan sempurna mungkin lebih tinggi
- Distribusi pendapatan tidak selalu rata.
Sumber :
Makalah Pasar Persaingan Sempurna « Emperordeva’s Weblog.htm
Pasar Persaingan Sempurna dan Tidak Sempurna « CARI ILMU ONLINE BORNEO.htm

0 komentar: