Segmentasi pasar merupakan klasifikasi pasar yang berdasarkan pada karakteristik tertentu. Dimana dalam segmentasi pasar tersebut terdapat targeting, produk, barang/jasa. Adanya segmentasi pasar agar produk dapat terserap oleh pasar sesuai dengan keinginan konsumen.
Dalam segmentasi pasar terdapat 4P yaitu product, price, place, dan promotion. Disini saya akan membahas mengenai segmentasi pasar yang terdapat di supermarket depok yaitu GIANT. Giant merupakan brand yang dikedepankan oleh merk ini dan beberapa merk lain. Sebuah layanan one stop market dimana semua kebutuhan dijual disana, seperti kebutuhan sehari-hari. Dari segi product dan price GIANT merupakan supermarket yang memilki produk dalam negeri dan produk termurah yang jelas tidak dimiliki oleh supermarket lainnya. Dari segi place atau tempat giant dikatakan tempat yang strategis. Dari segi promotion giant mudah dalam mempromosikannya karena tempatnya yang tergabung dalam mall yang ternama dan letaknya yang sangat strategis.
Dasar segmentasi yang dimiliki oleh para konsumen dalam memilih berbelanja di giant yaitu geografis karena letaknya yang terjangkau, psikografis karena tempatnya yang tergabung oleh mall ternama dan menjadi gaya hidup konsumen atau life style, dan manfaat karena semua kebutuhan dijual ditempat tersebut, harganya yang tidak terlampau mahal dan produknya pun dari dalam negeri. Kehidupan personal seseorang dipengaruhi oleh lingkungan sosialnya. Contohnya : motivasi seseorang untuk membeli barang-barang yang bermerk yang sebenarnya adalah karena untuk dapat diterima dalam kelompok masyarakat kalangan tertentu. Factor social tersebut meliputi aspek kultur, subkultur, kelas social, dll.
Kamis, 29 Oktober 2009
Perilaku Konsumen dalam Segmentasi Pasar GIANT di Depok
Diposting oleh crazytaz di 05.01
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar